Halaman

Selasa, 25 Februari 2014

5 Cara Bertahan Dari Hawa Dingin


bertahan-dari-udara-dingin

Hari-hari belakangan ini kan lagi deres-deresnya hujan turun, jadi sering banget kamu merasa kedinginan. Mana kamu masih jomblo gitu, udah kedinginan, sendirian pula. Puk puk. Tapi tenang aja, kali ini MBDC akan ngasih tau kamu apa saja yang bisa kamu lakukan ketika hawa dingin menyerang kamu.

1. Usap-Usap Telapak Tangan

Hal pertama yang paling simple adalah usap-usapkan kedua telapak tangan kamu satu sama lain. Ketika kamu mengusap-usap kedua telapak tangan kamu, maka telapak tangan kamu akan terasa hangat. Nah kehangatan inilah yang nantinya bisa tularkan ke bagian tubuh yang lain.

Caranya tempelkan saja telapak tangan kamu ke bagian tubuh yang ingin kamu beri kehangatan, misalnya pipi, leher, punggung, dan perut. Udah ah, cukup ditempelin di situ aja, jangan ke mana-mana.

2. Bergerak

Kalau mengusap-usap telapak tangan kamu tidak cukup menghangatkan kamu, cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah bergerak. Kabarnya sih kalo orang kedinginan terus diem aja, maka dia akan merasa tambah dingin gitu. Jadi kamu bisa mulai bergerak. Ketika kamu bergerak, tubuh kamu akan mengeluarkan panas yang akan menghangatkan bagian-bagian tubuh yang tidak terjangkau oleh telapak tangan kamu tadi.

Model gerakannya terserah kamu aja sih. Kamu bisa bergerak naik turun. Bisa juga kamu bergerak maju mundur. Atau kalau kamu bosen dengan gerakan naik turun dan maju mundur, kamu bisa mencoba gerakan diputer-puter gitu. Intinya gak ada pakem pasti yang mengatur gerakan kamu, yang penting kamunya ngerasa enak, ya udah terusin aja.

3. Minuman Hangat

Setelah kamu kebanyakan gerak, sekarang kamu merasa haus. Banyak sekali keringat yang keluar ketika kamu bergerak tadi. Ada baiknya kamu segera bikin minuman hangat. Selain bisa menggantikan cairan tubuh kamu yang keluar, minuman hangat juga bisa bikin hangat tubuh kamu yang sedang kedinginan.

Yang paling murah dan paling gampang buatnya sih yakopi atau teh. Atau kalau kamu punya jahe kamu bisa bikin wedang jahe supaya tubuhmu semakin hangat. Selain menghangatkan, jahe juga banyak manfaatnya buat tubuh. Salah satunya bisa meredakan flu juga. Paling enak sih kalau kamu mengkombinasikan jahe dengan susu, udah hangat nikmat pula.

4. Pakaian Tebal

Cara-cara di atas udah kamu lakukan, tapi kamu masih merasa kedinginan. Ya iyalah, lha kamunya cuma pake pakaian tipis doang gitu. Tapi masih mending sih daripada tetangganya MBDC. Makanya kalau hawa lagi dingin-dinginnya, minimal pakai pakaian yang bahannya tebal gitu lah. Kamu bisa pakai jaket, sweater, beanie, dan kaos kaki. Kalau perlu ditambahin selimut juga. Tapi kalau rasa dingin itu masih bisa menerobos masuk ke tubuhmu, mungkin cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah…

5. Membuat Perapian

Yup, api adalah sumber panas yang paling ideal ketika kamu sudah tidak tau lagi harus berbuat apa. Kalau kamu di dalam rumah sih gampang, tinggal nyalain kompor. Tapi kalau kamu di luar rumah, kamu bisa bikin api dari ranting pohon yang di gesek-gesek gitu. Pasti dulu waktu pramuka kamu udah diajarin kan. Supaya apinya bisa menyala dalam waktu yang lama, kamu bisa tambahin ranting-ranting pohon lainnya yang ada disekitar kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar