Halaman

Minggu, 23 Februari 2014

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Albay dan Sorsogon

Cari tahu apa yang bisa Anda lakukan saat liburan singkat ke dua provinsi di selatan Manila ini. Keduanya terkenal karena gunung berapi nan megah dan hiu paus raksasa. Ini dia:

Mengagumi Mayon
Perjalanan ke provinsi Albay belum lengkap jika belum mampir menyaksikan gunung berapinya yang tersohor. Jika gunung berapi Mayon tidak bersembunyi di balik selubung awan, Anda bisa melihatnya saat Anda terbang ke Legazpi City. Mendekatlah dan pergilah ke Cagsawa Ruins. Itu adalah sisa-sisa dari Cagsawa Church ketika Mayon meletus pada 1814 silam. Saat ini, tempat tersebut menjadi surga bagi para turis, Anda bisa menikmati keindahan kerucut sempurna dari gunung tersebut di latar belakang menara gereja itu.

Nikmatilah ‘Love Boat’
Jika Anda menghabiskan liburan akhir pekan di Albay, maka pesanlah perjalanan keliling pulau yang diatur oleh pemerintah Tabaco City. Tentu saja, jangan mengharapkan kapal megah Love Boat seperti dari serial klasik. Itu cuma perumpamaan, yaitu ketika Anda mengagumi keindahan pemandangannya yang dipenuhi air yang tenang dan bukit batu kapur.
Berjalan-jalanlah di berbagai pulau di sekitar Teluk Albay dengan Love Boat. (Yahoo/Karla Rey)
Mencari kesunyian atau petualangan
Meski Anda tengah dalam perjalanan keliling pulau, Anda bisa menyertakan petualangan satu hari di Misibis Bay Resort yang mewah. Jika kegiatan luar ruangan atau meluncur dengan flying fox adalah hal kesukaan Anda, cobalah berjalan-jalan dan menikmati aktivitas luar ruangan di fasilitas Cagraray Eco-Energy Park. Keduanya berada di pulau Cagraray.



Berenang dengan hiu
Ya, hiu paus. Raksasa jinak tersebut, yang ditemukan di perairan kaya plankton di Donsol, Sorsogon, menjadi daya tarik wisata utama. 
Snorkeling dan berenang dengan raksasa jinak ini. (Thinkstock)
Untuk meningkatkan peluang Anda menyaksikan mereka, lebih baik pergi dari November sampai Mei ketika mereka sedang musim mencari makan. Anda harus mendaftar dan memesan sebuah kapal di Donsol Tourist Center (sehari sebelumnya, jika Anda pergi ke sana saat musim liburan pada April dan Mei). Setiap kapal maksimal mampu mengangkut enam orang dan ada Butanding (hiu paus) Interaction Officer yang akan mencari hiu paus dan menyuruh Anda untuk melompat ke dalam air ketika hiu paus tersebut terlihat. Dan kemudian Anda harus berenang untuk mendekatinya. Setelah Anda melompat dan melihat hiu paus tersebut dari balik kacamata snorkeling Anda, semua kelelahan berenang itu akan terbayar.
Amfiteater di Caragay Island di Albay. (Yahoo/Karla Rey)
Nikmati kuliner lokal Bicolano
Jika cuaca kurang bersahabat dengan rencana liburan Anda, jangan kecewa karena Anda masih bisa menikmati makanan Bicolano. Albay, khususnya Legazpi City dan Daraga, menawarkan banyak pilihan untuk urusan makanan. Karena pemandu wisata biasanya akan memperkenalkan tempat untuk menyantap makanan khas Bicolano, kami merekomendasikan supaya Anda mencoba First Colonial Grill, salah satu makanan terbaik di Albay. Yang wajib dicicipi penikmat kuliner adalah Bicol Express (daging babi yang dimasak dengan santan dan cabe) dan Kandinga (paru-paru, jantung dan hati babi cincang yang dimasak dengan cuka dan bonggol kubis). Untuk makanan pencuci mulut, cobalah Sili Ice Cream, dengan tekstur es krim lembut dan rasa cabe yang anehnya sangat lezat. 
Es krim rasa cabe yang super pedas! (Yahoo/Karla Rey)
Tempat lainnya yang masih terjangkau untuk menikmati hidangan Bicolano adalah di restoran Jasmine di The Oriental-Legazpi. Pergilah ke Bicolandia Tasting Plate, yang terdiri dari makanan khas favorit. Di sana, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan Mayon dan kota tersebut.

Cara menuju ke sana:
Ada penerbangan dari Manila ke Legazpi dan Naga, namun yang lebih murah dan mudah adalah menaiki bus Legazpi di terminal bus pusat di belakang Ali Mall di Cubao, Quezon City. Perjalanan dari Manila ke Legazpi memakan waktu semalam, jadi lebih baik pergi ke sana saat malam hari dan pagi hari Anda sudah tiba di tempat tujuan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar