Halaman

Selasa, 01 April 2014

10 kota Ter. . . . di Dunia

Kota Terluas “
1.      Kota Mount Isa yang terletak di barad laut Queensland , Australia merupakan kota terluas di dunia dimana luasnya mencapai hampir 41 ribu kilometer persegi dengan memiliki jalan raya kota sepanjang 189 km yang juga merupakan jalan raya kota terpanjang di dunia.
Kota Terkecil "Hum"
2.      Kota Hum yang terletak di Kroasia dengan jumlah penduduk hanya 23 orang,merupakan kota terkecil di dunia, baik dalam hal ukuran kota maupun jumlah penduduk.Kota tua ini didirikan pada tahun 1102 yang sebelumnya bernama Cholm, yang masih memiliki arsitektur gedung pada jaman abad pertengahan.
Kota Terindah  “Ronda (Spain)”
3.      Kota ini terletak didaerah pegunungan di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut. Ronda terletak di di propinsi Malaga diatas tebing curam berkedalaman 100 meter yang bernama ” El Tajo ” Kota Ini di bangun pada abad ke-18.
Kota Terjelek  “Iraq”
4.      Kota yang rusak parah karena perang dalam masanya Saddam Husein. Semenjak invasi U.S, pencurian, penculikan dan kejahatan seksual dan pembantaian pasukan terjadi dimana mana. Sebagaian besar jalan di kota ini sudah menjadi padang rumput yang luas.
Kota Terbersih  “Amsterdam”
5.      Amsterdam  adalah ibu kota Belanda secara de jure, Kota Amsterdam memiliki penduduk sebanyak 742.951 jiwa dengan wilayah sebesar 219,07 km2. Kota ini secara administratif dibagi menjadi 15 bagian yang kurang lebih bisa disamakan dengan kecamatan di Indonesia tetapi disebut dengan istilah deelgemeente. kota ini merupakan kota terbersih di dunia.
Kota Terkotor   “Baku, Azerbaijan”
6.      Dikelilingi oleh Iran, Georgia, Rusia dan Armenia di Laut Kaspia, Azerbaijan telah lama menjadi pusat kegiatan minyak. Sebagai akibatnya, Baku, ibukotanya, menderita tingkat polusi udara yang mengancam jiwa yang diakibatkan oleh pengeboran dan pengiriman minyak
Kota Terkaya “New York”
7.      Sebuah daftar kota terkaya dan paling berpengaruh di dunia pada tahun 2010 yang dirilis oleh agen real estate Inggris Knight Frank dan Citibank AS, Kamis _25/3. Peringkat didasarkan pada analisis komprehensif dari empat indeks yaitu vitalitas ekonomi, pengaruh politik, kemampuan riset dan standar hidup. Dari keempat indeks tersebut, kota New York, London dan Paris menempati posisi tiga besar. Namun, dari analisis tersebut tidak ada kota yang memenuhi kesemua indeks. beberapa kota-kota besar dunia memiliki kemajuan pesat, seperti Beijing yang menempati urutan ke sembilan namun untik indeks pengaruh politik naik ke posisi empat. Sementara Berlin yang berada di posisi ke delapan, menjadi runner-up di peringkat standar hidup. 
Kota Termiskin “Republik Demokratik Kongo”
8.      Republik Demokratik Kongo – $300 (GDP per kapita)
Kota Terdingin “Yakutsk”
9.      Kota Yakutsk adalah sebuah kota di Timur Rusia. Ibukota Sakha Rusia dan pelabuhan utama di Sungai Lena  ini memiliki populasi 210.642 (sensus 2002) 186.626 (Sensus 1989). Yakutsk merupakan salah satu kota terdingin di Bumi, dengan rata-rata suhu bulan Januari -40,9 ° C (-42 ° F). Tahunan rata-rata suhu -10 celsius suhu yang paling dingin yang pernah tercatat terjadi di Antartika di luar baskom dari Yana River di timur laut. Namun, suhu bulan Juli yang sering dapat melebihi 32 ° C (90 ° F), membuat perbedaan suhu musiman untuk daerah di antara yang terbesardi dunia. Pada Juli suhu rata-rata adalah 19 celsius. 
Kota Terpanas “Timbouctou”
10.  Timbouctou terletak di Afrika Barat di negara Mali. Kota ini memiliki populasi sebesar 31.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar